CARA BERKENDARA
Menyalakan mesin :
- Posisikan keran bensin pada ON atau RES.
- Putar kunci kontak pada posisi ON.
- Pastikan transmisi dalam keadaan netral.
- Jika mesin dingin atau start pertama kali, gunakan choke untuk start lebih cepat. Tuas choke (A) terletak pada sisi kiri karburator.
- Jaga handel gas tertutup sepenuhnya, tekan tombol starter ( ) atau gunakan pedal injak untuk start.
- Jika sudah cukup panas pada putaran idle, kembalikan choke ke posisi OFF
CATATAN : Jika mesin sudah panas atau pada udara panas (lebih dari 35 C), buka gas sedikit, dan nyalakan mesin.
PERHATIAN : Jangan mengoperasikan starter terus menerus lebih dari 5 detik. Tunggu 15 detik sebelum memulai lagi.
CATATAN : Sepeda motor ini dilengkapi dengan saklar lockout. Electric starter akan menyala hanya jika tuas kopling ditekan saat transmisi pada posisi gigi berapa saja. Disarankan untuk menyalakan mesin dengan posisi transmisi netral.
PERHATIAN : Jangan mengoperasikan starter terus menerus lebih dari 5 detik. Tunggu 15 detik sebelum memulai lagi.
CATATAN : Sepeda motor ini dilengkapi dengan saklar lockout. Electric starter akan menyala hanya jika tuas kopling ditekan saat transmisi pada posisi gigi berapa saja. Disarankan untuk menyalakan mesin dengan posisi transmisi netral.
![]() | ![]() |
A: Choke (Off) | B: Choke (On) |
Menjalankan sepeda motor :
- Periksa apakah standar sudah terangkat.
- Tekan tuas kopling.
- Masuk ke gigi 1.
- Buka gas dan lepas tuas kopling perlahan secara bersamaan.
- Saat kopling mulai terhubung, buka gas sedikit lebih besar lagi, agar mesin tidak mati.
Memindahkan gigi :
- Tutup gas & tekan kopling.
- Pindah ke gigi yang lebih tinggi atau rendah.
- Buka gas dan lepas tuas kopling perlahan secara bersamaan.
![]() | ![]() |
Urutan Pemindahan Gigi | Pedal Pemindah Gigi |
Mengerem :
- Tutup gas sepenuhnya, biarkan kopling (kecuali saat berpindah gigi) agar mesin ikut mengerem membantu memperlambat sepeda motor.
- Pindah ke gigi rendah satu persatu hingga posisi netral saat berhenti.
- Saat berhenti, gunakan kedua rem secara bersamaan. Biasanya rem depan harus sedikit lebih digunakan dari rem belakang. Gunakan kopling seperlunya untuk mencegah mesin mati.
- Jangan mengunci rem, karena akan membuat ban selip. Saat menikung, gunakan kedua rem dengan perhitungan. Kurangi kecepatan sebelum masuk tikungan. Pada pengereman darurat, tak perlu menurunkan gigi, berkonsentrasilah menggunakan kedua rem sekerasnya tanpa membuat ban selip.
Menghentikan kendaraan :
- Tutup gas sepenuhnya.
- Pindahkan gigi ke posisi netral.
- Hentikan kendaraan.
- Matikan kunci. Letakkan sepeda motor pada permukaan rata dan keras dengan standar terpasang, kunci stang.
Parkir :
- Pindahkan gigi ke netral dan matikan kunci.
- Letakkan sepeda motor pada permukaan rata dan keras dengan standar samping atau tengah.
PERHATIAN: Jangan parkir di atas permukaan lunak atau miring agar motor tidak terguling.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar