Senin, 23 Maret 2009

Rangka Bajaj Pulsar 180 DTSi Retak Karena Box

Si Ngorok, Bajaj Pulsar 180 DTSi saya, ternyata mengikuti kejadian yang dialami para pemakai box yang lain. Apa gerangan kejadian yang dialami pemakai box yang lain? Tak lain dan tak bukan adalah rangka retak karena beban box. Pulsarian telah mempublikasikan hal ini dan menghimbau pemakai box untuk menambahkan plat besi di rangka Pulsar 180. Saya sudah mengetahui himbauan itu tetapi saya tidak berpikir bahwa Si Ngorok akan ikutan retak rangkanya. Ternyata, rangka Si Ngorok benar-benar retak.

Di bawah ini petunjuk mengenai bagian-bagian dari rangka yang harus ditambahi plat besi yang dilas. Petunjuk lengkapnya silakan ke website Pulsarian.

Keadaan rangka Si Ngorok yang retak sendiri bisa dilihat pada gambar berikut:

Silakan diklik untuk melihat lebih jelas. Bagian yang retak yang ditandai dengan lingkaran.

Saran untuk yang akan beli Bajaj Pulsar

Sebagai pemilik Bajaj Pulsar saya sarankan kepada yang berminat untuk membeli Bajaj Pulsar 180DTSi agar hanya membeli jika Sampeyan tidak akan memasang box. Seandainya Sampeyan punya niat memasang box di sepeda motor Sampeyan, sebaiknya Sampeyan membeli sepeda motor lain seperti Yamaha ScorpioZ, Honda Tiger, Honda Megapro, atau Suzuki Thunder 125. Saya belum pernah mendengar ada salah satu dari keempat sepeda motor tersebut yang rangkanya retak gara-gara dipasangi box.

Memang rangka bisa dibantu dengan penambahan plat besi. Akan tetapi, kalau ada sepeda motor lain yang rangkanya sudah kuat tanpa harus dipasangi plat besi tambahan, buat apa beli sepeda motor yang rangkanya ringkih dan mudah retak?

Saran untuk PT Bajaj Auto Indonesia

Menindaklanjuti kejadian ini, di mana motor saya adalah motor kelima yang rangkanya retak sebagai akibat tidak kuat menyangga beban box, sebaiknya PT BAI mengedukasi pemakai dan calon pemakai untuk tidak menggunakan box tambahan pada Bajaj Pulasar 180DTSi karena rangka tersebut (sepertinya) tidak disiapkan untuk mampu menyangga tambahan beban berupa box.

Namun, sebaiknya PT BAI mempertimbangkan bahwa kemungkinan pengguna Bajaj Pulsar untuk menggunakan box cukup tinggi. Apalagi buat anggota klub/komunitas yang gemar touring. Nggak hanya Bajaj Pulsar, pemakai Tiger, Scorpio, Megapro dan Thunder pun banyak yang pakai box. Bahkan, bebek dan bebek matic pun pakai box. Yang jadi pikiran adalah, kualitas besi rangka Bajaj Pulsar di bawah motor-motor yang lain. Bukti sudah ada, 5 Bajaj Pulsar 180DTSi rangkanya retak dan kelima-limanya memakai box.

Sumber : http://moharifwidarto.com




5 komentar:

  1. Mosok sih om? Punya ane baek baek aja nih...
    Ini beneran kaga? Boong dosa lho... hehehe...

    BalasHapus
  2. biasanya product otomotif bila ada kelemahannya langsung diperbaiki di produksi berikutnya...katanya.. aku pake P180 2009 tapi bagus juga masukan ini...kalo pake Braket keluaran Dealer, yang punya rangka tambahan diikat di Shock Absorber gimana tuh... aku rencana pake itu soalnya....

    BalasHapus
  3. Bajaj saya kelahiran 2006. Dah pernah patah frame belakang karena kelebihan beban. Bener-bener patah lho, bukan cuma setengah kebuka atua gimana. Setelah saya bawa ke bengkel besi, tu rangka dipotong kiri kanan, trus diisi besi tempa (pejal), dan dilas lagi.

    BalasHapus
  4. Pulsar ngga dibikin di sini mas tapi di India... sekuat apapun usulan kita seperti orang teriak di air. PT. BAI sekedang dagang....

    BalasHapus